Xiaomi menggebrak pangsa pasar smartphone

Xiaomi merupakan perusahaan smartphone yang masih belia tetapi mendapat antusias pasar yang mengesankan. Ini di karenakan target marketing yang menargetkan pasar menegah kebawah tetapi mempunyai kualitas tidak sembarangan.

Xiaomi menamai strategi ini sebagai “The Triathlon Model”, Perusahaan ini berfokus pada perangkat lunak dan layanan internet sebagai bisnis utamanya sementara hardware hanya sebuah platform untuk memberikan layanan. Tiga pilar untuk strategi adalah – Hardware sebagai strategi Services, model penjualan e-commerce, dan fokus pada perangkat lunak, layanan dan konten.

Aliansi stratejik atau melakukan kerjasama adalah hal utama yang dilakukan untuk melakukan ekspansi produk-produknya. Salah satunya di indonesia, xiaomi membuat kerja sama kepada LAZADA.com untuk melakukan pemasaran produk xiaomi via gerai online. Akhir-akhir ini Xiaomi melakukan kerja sama juga dengan erafone untuk menjual produknya dengan market gerai offline/ toko fisik.

Dalam hal marketing xiaomi melakukan strategi Hunger Marketing yaitu cara suatu pengelola/perusahaan membawa produknya ke pasaran dengan harga menarik untuk memikat pelanggan potensial, kemudian membatasi pasokannya. Pembatasan pasokan ini membuat rasa penasaran di pasar, sehingga permintaan naik. Ketika permintaan semakin naik, pengelola produk itu dapat menaikan harga dan tentu saja menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi. Strategi ini sukses di lakukan xiaomi dengan menjual ribuan produknya dalam waktu singkat. Walaupun

banyak pro dan kontra dari pesaingnya maupun para professional yang dilakukan xiaomi dalam melakukan strategi Hunger Marketing-nya.

Bagaimana Xiaomi memperoleh profit dan bisa merebut pangsa pasar Smartphone yang demikian ketat? Inilah strateginya :

  1. Xiaomi melakukan langkah dengan menjual model sampai 18 bulan, bukan selama 6 bulan yang digunakan oleh Samsung untuk mendapatkan keuntungan dari penurunan biaya komponen yang terjadi dari waktu ke waktu.
  2. Xiaomi juga melakukan penjualan aksesories, termasuk tema dan software, sehingga bisa meraup nilai tambah dari produk terkait smartphone mereka.
  3. Untuk mengurangi Overhead Cost, Xiaomi tidak memiliki toko fisik tunggal dan tidak menjual secara eksklusif dari toko online sendiri.
  4. Xiaomi secara intens mengandalkan pada layanan jejaring sosial serta pelanggan sendiri untuk membantu mengiklankan produknya.
  5. Untuk menggebrak pasar, maupun produk baru, Xiaomi memiliki strategi marketing yang disebut “Hunger Marketing“. Strategi Xiaomi ini terbukti telah menjual cepat Xiaomi Hongmi , maupun versi lainnya seperti RedMi secara online bahkan dalam hitungan detik. Misalnya saat Xiaomi menjual Xiaomi Hongmi versi WCDMA melalui China Unicom (salah satu operator di Cina) , berhasil menjaul 100 ribu unit dalam waktu 5 menit saja! Sebuah pencapaian luar biasa.

Strategi menarik dari Xiaomi adalah Hunger Marketing. Pada dasarnya ini merupakan  strategi memancing penjualan dengan kuota barang dalam jumlah tertentu dan menggenjot penjualannya tersebut dengan “limited time“- atau dalam jangka waktu tertentu. Dengan terbatasnya jumlah (kuota) handset yang dijual, dan dipasarkan dalam waktu terbatas, akan memancing rasa penasaran konsumen. Ini terbukti saat konsumen di Cina sangat penasaran dengan Xiaomi yang menawarkan handset dalam jumlah sangat terbatas, harga kompetitif dan spesifikasi mumpuni, yang kemudian dengan cepat menjual secara online. Akibatnya konsumen bernafsu menginginkan produk Xiaomi itu menjadi “terpacu” dan berlomba-lomba untuk sesegera mungkin untuk memperoleh handset tersebut.

Langkah ini, kemudian banyak ditiru produsen lain, dan cukup sukses. Produsen elektronik Cina lainnya, ZTE melalui penjualan online bermasil menjual ZTE Grand SII LTE sebanyak 50000 unit dalam waktu 58 detik saja. Dan ZTE berharap untuk berhasil menjual 400 juta unit flagshipnya hingga tahun 2014.

Kombinasi unik strategi, inovasi dan tidak segan ‘mencontek’ langkah Apple dalam memasarkan produk, telah membuat Xiaomi menjadi pemain yang diperhitungkan dalam pasar Smartphone saat ini.

Berikut fakta menarik tentang Xiaomi :

Sumber :

IDC.com, Bloomberg

https://www.academia.edu/12430936/Xiaomi_Mengguncang_Pasar_Global

Tinggalkan komentar